Rabu, 16 Maret 2016

Tugas minggu ke-3 Pendidikan Kewarganegaraan#

11.)    Apa yang anda ketahui tentang Wawasan Nasional dan Paham Kekuasaan

Jawab :

Wawasan Nasional

     Kata Wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu wawas (mawas) yang artinya melihat atau memandang, jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat.Kehidupan negara senantiasa dipengaruhi perkembangan lingkungan strategik sehinga wawasan harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang ditimbulkan dalam mengejar kejayaanya. Dapatdiartikan pula Wawasan Nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (interaksi & interelasi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional, regional, maupun global.Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan ada tiga faktor penentu utama yang harus diperhatikan oleh suatu bangsa,yaitu :

1. Bumi/ruang dimana bangsa itu hidup
2. Jiwa, tekad dan semangat manusia / rakyat
3. Lingkungan.

 Paham Kekuasaan

      Paham Kekuasaan yang kita kenal selama ini memberikan suatu impuls untuk menciptakan suatu formula pengaturan kenegaraan yang sejatinya membutuhkan  koreksi di berbagai sisi.
dibawah ini adalah beberapa paham kekuasaan yang kita kenal:

1. Machiavelli
paham ini memandang harus adanya suatu kekuatan politik yang besar guna mempertahankan kedigdayaan suatu negara. ada beberapa cara untuk memelihara stabilitas politik yaitu:
– penghalalan  segala cara untuk mempertahankan dan merebut  kekuasaan.
– menjaga eksistensi kekuasaan rezim, termasuk membenarkan politik Devide Et Impera.
– pertahanan politik dengan adu kekuatan, siapa yang kuat dia yang bertahan dan sebaliknya siapa yang lemah dia yang tersingkir.

2. Kaisar Napoleon Bonaparte
Napoleon merupakan penganut paham Machiavelli, dia menambahkan bahwasannya untuk mempertahankan suatu negara diperlukan dukungan penuh dari kondisi sosial budaya berupa penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu melahirkan kondisi pertahanan dan keamanan yang solid.

3. Jenderal Causewitz
pandangan ini adalah suatu dasar dari perang dunia I dimana perang dianggap sebagai suatu hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan kekuasaan dan pencapaian tujuan nasional suatu negara. paham ini pula yang melegitimasi usaha ekspansi Rusia dalam memperluas kekuasaannya.

2.) Buat tulisan tentang bentuk kepedulian mahasiswa (anda pribadi) jika anda ditugaskan untuk terjun ke masyarakat dalam rangka bakti sosial

Jawab:

     Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos ini merupakan, suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan manfaat dan tujuan-tujuan tertentu.

Tujuan Bakti Sosial :

  * Mempererat hubungan antara sesama manusia.
  * Memberikan motivasi tentang masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan              wawasan.
  * Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai sarana aktualisasi diri untuk                    membantu sesama.

Manfaat Baksos :

    Masyarakat dapat atau mampu mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan.Masyarakat mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan.
Mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat
Untuk sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi mahasiswa dengan terjun langsung ke masyarakat.

Contoh Bakti Sosial


A.    mengadakan kegiatan mengajar kedaerah-daerah terpencil ataupun dengan anak-anak yang putus sekolah di kota.
B.     mengadakan kegiatan penanggulangan bencana, misalnya di suatu daerah terjadi bencana     banjir ataupun bencana alam yang lainnya kita ikut mengumpulkan donasi dan menyalurkan bantuan, dapat berupa uang ataupun bahan pangan dan obat-obatan serta pakaian.
C.     Mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan membuat pembangkit listrik ke daerah-daerah yang belum terjamah listrik. Bisa dengan pembangkit listrik bertenaga angin, air,matahari dll
D.    Mengadakan kunjungan ke panti sosial seperti panti asuhan ataupun panti jompo, dengan membagi kebahagiaan serta memberi santunan.
E.     Mengadakan kegiatan donor darah, sebagai bentuk partisipasi membantu seluruh masyarakat yang membutuhkan donor darah.
F.      Mengadakan kegiatan buka puasa bersama ataupun saur on the road dengan membagikan makanan ke masyarakat yang membutuhkan.





www.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                       http://studentsite.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                         http://softskill.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                            http://sap.gunadarma.ac.id   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar