Selasa, 08 Maret 2016

Tugas Minggu Ke-1 Pendidikan kewarganegaraan#

1.) Apa yang menjadi tujuan utama dari pendidikan kewarganegaraan dilihat dari sudut mahasiswa


          Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk membawa peserta didik untuk menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis dan berkeadaban, dan menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila dan kita sebagai mahasiswa yang telah mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan dapat dengan baik mengerti dan memahami tentang kewarganegaraan dengan cara menjalankan kehidupan dengan baik sesuai dengan agama yang kita anut, menaati dan menjalankan atau melaksanakan semua peraturan dan hukum yang berlaku di negara kita, Indonesia

2,) Pendidikan Kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas,  
 penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Sikap ini disertai dengan Perilaku yang :


* Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai–nilai falsafah bangsa
         
       kita sebagai warga Negara Indonesia harus menganut satu agama, yang telah diakui oleh   Negara, seperti yang kita ketahui Negara Indonesia hanya mengakui 6 agama yaitu : Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, Kong Hu Cu, tentunya setiap agama tersebut terdapat perintah atau kewajiban sebagai umat beragama yaitu beribadah, serta terdapat pula larangan seperti tidak boleh melakukan tindakan tercela, dan setiap perbuatan terdapat balasannya contoh apa bila kita melakukan  sebuah kebaikan tentunya kita mendapatkan pahala, begitupun sebaliknya apa bila kita melakukan sebuah keburukan kita akan mendapatkan dosa. Dan serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa, yaitu kita melakukan semua hal tersebut harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

* Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
     

           kita sebagai warga Negara Indonesia harus memiliki budi pekerti yang luhur, baik sikap maupun sifat, kita harus memiliki perilaku positif agar tidak merugikan orang lain. Contoh, kita harus memakai fasilitas umum selayaknya, jangan mengotori ataupun merusak. Kita harus memelihara fasilita umum agar tidak merugikan orang lain yang ingin menggunakannya


* Rasional, dinamis, dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
          
           kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya memiliki hak dan kewajiban sebagai warga Negara, seperti yang kita ketahui hak adalah sesuatu yang wajib kita dapatkan, dan kewajiban adalah sesuatu yang wajib kita lakukan agar memperoleh hak kita sebagai warga Negara, hak dan kewajiban yang kita peroleh harus rasional, dinamis dan juga sabar dalam mendapatkannya, contoh : sebagai warga negara kita harus membayar pajak, salah satunya kewajiban membayar pajak pembangunan, karena dengan kita membayar pajak pembangunan tentunya pembangun diindonesia akan sangat pesat, dan hak yang akan kita dapat adalah kita dapat menikmati taman, danau, jalan raya dll.


* Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.

          Tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2006.
Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga Negara Indonesia terhadap kecintaanya kepada Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara dengan syarat yang diatur oleh Undang-Undang. Perlu disadarkan untuk warga Negara Indonesia agar dapat berbakti kepada Negara dan bersedia membela dan mengharumkan nama Indonesia.
Unsur Dasar Bela Negara:
1.  Cinta Tanah Air
2.  Kesadaran Berbangsa & bernegara
3.  Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara
4.  Rela berkorban untuk bangsa & negara
5.  Memiliki kemampuan awal bela negara

* Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.

          kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya harus bijak dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan khususnya ilmu teknologi dimana kita pun dituntut untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya . contoh : kita dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia dengan mengikuti perlombaan dalam bidang SAINS salah satunya dengan mengikuti perlombaan robotic, dimana dalam pembuatan robot itu sendiri kita membutuhkan ilmu pengetahuan tentunya, dan untuk menggerakan robot tersebut kita membutuhkan pula teknologi didalamnya dan dalam pembentukan kerangka robot tersebut kita tentunya ingin membuat robot yang indah dengan nilai estetika tersebut kitapun melibatkan seni didalamnya


3.) Apa yang akan anda lakukan agar menjadi warga negara yang baik, dan berikan konstribusi apa yang anda berikan

        Berpendidikan tinggi. Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu masyarakat Anda adalah mendapatkan pendidikan yang baik. Ketika Anda terdidik, Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan bisa memberikan kontribusi yang lebih besar kepada ekonomi pada masyarakat. Anda juga akan mendapat wawasan dan bisa membuat keputusan dengan baik ketika nantinya akan memilih pemimpin. selain berpendidikan tinggi kita juga harus Bekerja keras. Bekerja keras penting untuk menjadi warga yang baik, terlepas dari apa pekerjaan Anda. Ketika Anda bekerja keras, Anda memberikan pelayanan yang bagus untuk orang lain dan juga mendapatkan uang, dan keduanya berkontribusi meningkatkan kondisi ekonomi di lingkungan Anda.






                                                                                                                                                www.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                       http://studentsite.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                         http://softskill.gunadarma.ac.id
                                                                                                                                            http://sap.gunadarma.ac.id   










Tidak ada komentar:

Posting Komentar